Manusia dan Harapan

Setiap manusia pastilah mereka semua memiliki sebuah harapan. Mulai dari kita kecil sampai kita besar pasti kita memiliki beragam harapan yang diinginkan oleh kita, tetapi ada harapan yang terlaksana dan tidak sedikit pula yang cuman menjadi harapan kosong, ya itu semua tidak akan terjadi apabila kita berharap ditambah dengan usaha yang kita lakukan dengan serius. Harapan itu sendiri adalah sebuah keinginan yang belum terlaksana tetapi apabila kita mendapatkannya maka kita akan merasa sangat senang dan gembira. Ya itulah definisi harapan dari saya.
Harapan itu sendiri ada 2 jenis, yaitu harapan yang bersifat obyektif atau nyata, dan juga harapan yang berupa khayalan semasa kanak-kanak.
  •   Harapan yang bersifat obyektif
Harapan yang sifat nya nyata, dan akan menjadi kenyataan apabila kita tidak cuman berharap saja tetapi kita lakukan dengan usaha yang sebanding dengan apa yang ingin kita dapatkan. Contoh : harapan ingin menjadi seorang dokter yang bisa memberikan kesehatan bagi orang-orang disekeliling kita. Harapan tersebut tidaklah mudah untuk kita dapatkan, kita mesti menuntut ilmu yang cukup dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya agar kita memiliki ijin praktek untuk menjadi dokter.
  •  Harapan yang berupa Khayalan
Harapan ini sering kali kita dapatkan saat kita masi sangat kecil dan belum cukup memiliki pengetahuan tentang apa-apa. Sebagai contoh : harapan kita untuk hidup didalam dunia khayalan seperti dunia kartun, dunia animasi, harapan seperti ini tidak lah sedikit yang dimiliki oleh anak-anak, di karenakan banyak faktor pendukung yang membuat anak-anak tersebut untuk berkhayal, sebagai contoh banyaknya film animasi yang membuat anak-anak kita sekarang sampe lupa makan dan sebagainya hanya untuk menyaksikan film animasi kesukaannya, peran orang tua sangat di butuhkan dalam hal ini untuk menjaga kestabilan intelektual anak.
Dan Harapan-harapan tersebut memiliki dampak positif dan negatif tergantung bagaimana cara kita realisasikannya.
  • Dampak Positif nya :
-          Dampak positif dari harapan yang bersifat obyektif atau nyata adalah dapat terbantunya kita memiliki tujuan dalam hidup, dan menuntun kita agar kita tidak menyesalinya di kemudian hari.
-          Dan kita pun jadi lebih terdorong untuk berusaha dan lebih berusaha lagi demi terpenuhinya harapan kita.

  • Sedangkan Dampak Negatif nya :
-          Apabila kita terlalu berusaha dan terlalu terobsesif dengan cita-cita kita, apabila nantinya tidak berjalan sesuai dengan rencana itu akan berdampak pada kita sendiri, antara lain : depresi, stress berkepanjangan dan lain-lain.

Kesimpulannya kita boleh memiliki harapan, tetapi janganlah kita terobsesif dengan harapan itu sendiri yang nantinya akan berdampak buruk pada diri kita. Dan setiap harapan yang kita miliki pastilah akan terwujud apabila kita berharap sambil juga berusaha.
Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar